Lovebird yang siap diikutsertakan dalam lomba adalah lovebird yang sudah cukup umur, yaitu berusia kurang lebih 3,5 bulan. Tetapi, Lovebird jangan terlalu sering diikutsertakan lomba, lihat kondisi burung tersebut siap atau tidak naik gantangan.

Jika terlalu sering diikutsertakan lomba, dalam artian melebihi kemampuan si burung, dapat menimbulkan efek yang kurang baik bagi Lovebird.  Misalnya Lovebird sering sekali ngeruji, Lovebird sering turun tangkringan, tidak mau ngekek di tangkringan, Lovebird jarang sekali berbunyi atau tidak mau bunyi sama sekali, dan yang terparah burung mabung tidak tuntas.

Kicaumania semua pasti mau? Jika Lovebird kesayangan kita tampil maksimal ketika naik gantangan lomba. Sehingga kita tidak sia-sia mengikutsertakan Lovebird kita dilomba. Kali ini Media Oriq Jaya akan berbagi sedikit Tips dan cara perawatan Lovebird menjelang lomba agar menjadi juara.

  • 6 Hari Sebelum Lomba

Pada saat Hari ke 6 menjelang lomba, sebaiknya lakukan pengembunan dipagi hari secukupnya. Setelah itu kita bisa memandikan lovebird dengan cara disemprot atau dengan cepuk, kemudian dijemur ditempat yang tidak terlalu panas. Setelah itu kita wajib memberian pakan biji bijian berkualitas pada lovebird.

Pada hari ke 6 sebelum perlombaan, Anda juga harus menjauhkan love bird Anda dari jangkauan burung sejenis. Hal ini dimaksudkan agar burung ia tidak mengalami over berahi karena melihat love bird lainnya. Burung yang over berahi sangat tidak baik untuk diikutkan kontes karena akan mendapatkan penilaian yang buruk.

  • 3 Hari Menjelang Lomba

Tiga hari menjelang perlombaan, Anda juga perlu memberikan makanan tambahan untuk love bird kesayangan Anda. Makanan tambahan ini bermanfaat untuk meningkatkan stamina dan membuatnya lebih gacor.

Beberapa makanan tambahan alami antara lain jagung manis, biji bunga matahari, sawi dan wortel. Jagung manis dan biji bunga matahari bermanfaat untuk menjaga stamina dan meningkatkan kekuatan otot, sedangkan sawi dan wortel bermanfaat untuk membuat bulu love bird lebih berkilau dan tampak terawat.

  • 2 Hari Menjelang Lomba

Disaat 2 hari sebelum lomba dimulai. Anda harus mengurangi penjemuran pada lovebird, lakukan penjemuran pada burung Lovebird anda selama kurang lebih 20 menit saja. Ini sangat bermanfaat sekali karena Lovebird terhindar dari over birahi.

  • Menjelang Lomba

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Lovebird anda bisa diberikan vitamin beberapa jam beberapa jam sebelum lomba dilaksanakan. Teteskan satu atau dua tetes vitamin ke dalam minumannya. Dan kita juga dapat memberikan sayuran seperti kangkung kepada lovebird 1 jam sebelum lomba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here